Senin, 08 Februari 2016

Why 1 Minute Chart?

Saya ditanya oleh salah seorang trader pake bahasa Inggris.
"Om, biasanya trade di Time Frame berapaan?"
"Saya pake TF 1 menit aja bro" jawab saya jujur.

Sontak itu bikin dia ternganga-nganga, seperti kita tahu bahwa trader luar atau trader profesional analyst lah gitu mereka trade emang di TF minimal D1 lah katakanlah demikian.
Dia langsung komplai bla bla ke saya.

Hmm, saya heran, mungkin memang benar trading saya jelek dan belum pernah menghasilkan sampai detik ini, tapi saya merasa ada kemajuan dalam diri ini meskipun terseok seok tapi pasti. Setiap trader punya style sendiri sendiri, jika kita mengikuti gaya orang lain masih cari-cari cara orang bagi saya anda belum lah seorang trader, apalagi yang baru lihat loss bejibun liat loss nya orang itu senengnya minta ampun.

Why 1 Minute Chart?

Bagi saya, 1 Minute chart adalah gambaran sebenernya dari perasaan trader, dari keinginan trader. di dalam 1 candle timeframe 1 menit itu adalah candle terjujur yang pernah saya temui di duia forex. bahkan mungkin kalo ada pernah lihat trader yang main tick chart para pro juga main disitu.

Yah, candle 1 menit itu benar-benar mencerminkan keadaan pasar yang sesungguhnya, sedangkan candle di atas satu menit itu sudah terdistorsi oleh keinginan sekumpulan banyak orang. Artinya misalnya di dalam candle 1 jam itu kan terdiri dari 60 candle 1 menit. Anggap lah candle 1H itu sedang turun atau bearish atau berwarna putih pada tampilan mt4 default, apakah benar di dalamnya semua candle 1 menit menunjukkan bearish? Tidak bukan?

Yah, jadi turunnya candle 1 jam bagi saya itu adalah kebohongan. di dalamnya banyak sekali candle-candle atau perjalanan harga yang diinginkan oleh orang-orang tertentu di forex yang tak terbaca oleh kita.

Jadi jika kita pengen tau bahan dasar dari sesuatu, pastinya kita akan runut dulu, bongkar dulu jeroannya baru pindah dan mengerti kenapa sih bentuknya begini dan begitu.


0 comments:

Posting Komentar