Sabtu, 12 Maret 2016

Stop Loss Hunter

Semalem kami berdiskusi tentang SL Hunter atau dalam bahasa Indonesianya Pemburu Stop Loss. Ketika saya memulai diskusi apapun itu yang berkaitan dengan forex, biasanya teman-teman di group langsung mencantolkan ego pribadi mereka masing-masing dan tidak ada yang mau belajar. Mereka akan mempertahankan pendapat mereka seperti pada kebanyakan diskusi-diskusi forex lainnya. Di BraFo saya tegaskan kami adalah sebuah komunitas Independen, tidak memihak satu tehnik, atau satu tata cara trading, tidak mengkultus-kan atau mengagung-agungkan sebuah tehnik meskipun itu adalah sebuah tehnik ratusan persen dalam sehari.

Tidak, BraFo Team akan selalu independen karena kami menyadari bahwa setiap pergerakan di forex adalah sebuah usaha mendapatkan profit dengan cara apapun sesuai dengan kaidah bigboys atau boleh dibilang sesuai kaidah Higer TF.

Anda boleh mengatakan diri anda hebat, tapi apakah anda menyadari bahwa ada yang lebih hebat dari anda? Jika anda tidak menyadari hal itu maka anda tidak bisa berada di komunitas kami. ketika anda terjun dan berdiskusi dengan Team BraFo, buang jauh-jauh ego anda dan dengarkan penjelasan kami supaya otak sempit anda bisa terbuka.

Baiklah, mulai saat ini saya akan mendokumentasikan diskusi-diskusi menarik yang mungkin bermanfaat bagi anda. Bagi sebagian orang, pendekatan kami mungkin agak aneh, tapi yah, begitulah Tim Kecil ini, berusaha selalu mempertajam apa yang dianggap sepele oleh orang-orang yang sudah "merasa" dirinya master.

Gbr 1
Pertanyaan saya pada Gbr 1 belum mendapatkan respon dari member, mungkin mereka bingung atau sekedar melihat gambar ini sebagai pernyataan dan bukan sebuah pertanyaan dan memang itu yang saya harapkan, dalam ilmu bahasa indonesia nya apa yah?

Gbr 2

Gbr 3
Gbr 2 adalah konsepnya, sedangkan Gbr 3 adalah contoh dari konsep tersebut yang umum kita sebut trend market. Jadi keseluruhan gambar ini mewakili seluruh Time Frame, anda akan seringkali melihat model seperti ini.

Mengapa hal ini menjadi titik perhatian kami? Trend tidak terjadi begitu saja secara teknikal, trend terjadi karena adanya hal-hal menarik pada setiap ujung Leg yang sudah saya gambarkan di atas. Mari kita ulas pada gambar berikutnya.

Gbr 4
Saya ingin segera merubah orientasi di otak anda menjadi seperti Gbr 4. Yep, di ujung itu ada duit, itulah kenapa trend terjadi, terjawab sudah kenapa trend tadi ada. Adanya nilai yang ditawarkan oleh orang lain dalam hal ini trader lain menjadi sebab ketertarikan orang mengambil penawaran orang tersebut. ada uang disitu. Kok bisa ada uang disitu? Yuk kita teliti lebih jauh.


Gbr 5
Nah, pada Gbr 5 kebanyakan orang akan menjawab pada "High Sebelumnya" atau di belakang Ekor Candle sebelumnya. Apakah pendapat tersebut salah? Saya tidak sedang menyalahkan atau menghakimi seseorang, tapi itulah yang diajarkan kepada kita. Dan dalam kasus Gbr 5 hal tersebut sangat efektif terbukti dari harga tidak pernah menjemput SL kita.

Jadi saya anggap semua orang profit "pada saat Gbr 5 terjadi".

Namun ini bukanlah titik perhatian kita, yang jadi titik perhatian kita adalah, dengan penempatan SL disitu apakah anda setuju dengan gambar yang saya tunjukkan pada Gbr 6 berikut?

Gbr 6

Secara langsung Penempatan SL anda akan menarik perhatian dari trader lain, kenapa? Anda lihat saja di atas, penempatan SL artinya anda "menaruh" uang di tempat tersebut. Dan hampir semua trader di dunia tahu akan hal ini, karena kita belajar tehnik yang sama hampir di setiap pelajaran candlestick yang ada.

Ada yang berasumsi "Saya tidak make SL", menurut om Zeroegha Lesmono salah seorang member kami mengatakan "Tidak memakai SL adalah HOAX".


Bukan tanpa alasan beliau mengatakan hal tersebut setelah melihat penjelasan kami. Stop Loss atau uang yang anda taruh itu baik tanpa SL maupun Dengan SL sebenarnya memiliki Stop Loss pada hampir semua kegiatan trading. pertanyaannya dimanakah SL nya para trader yang tidak menaruh SL pada kegiatan trading mereka? Jawabannya adalah max risk pada setiap akun yang anda perdagangkan.

Jika anda saya kasi 10 dollar untuk trading dengan akun Micro? tanpa SL berapa point-kah minus yang anda butuhkan untuk membuat 10 dolar tersebut lenyap? maka disitulah Garis SL anda, di max risk, apakah anda pernah melihat broker membiarkan akun anda minus dengan sisa ballance nol di saldo anda? tentu tidak, yang menanggung kerugian kalo brokernya seperti itu ya sang broker itu sendiri. pasti itu broker bodoh namanya jika tidak dengan cepat melikuidasi posisi anda atau menarik margin yang anda gunakan dalam trading yang istilahnya MC.

Untuk menyambung Gbr 6 mari kita lihat ilustrasi di bawah ini.

Gbr 7
Pada Gbr 7 anda perhatikan ada trending dengan Leg 1, Leg 2 dan Leg 3 seperti ilustrasi saya pada Gbr 2 dan 3. Sehingga konsep di Gbr 4 menjadi terpenuhi yaitu kegiatan trending market adalah kegiatan mengambil uang tersebut yang diletakkan oleh trader lain pada periode waktu sebelumnya, Kegiatan trending ini bisa berakibat MC trader, bisa mengakibatkan SL mereka kena. Dalam Islam apakah kegiatan itu haram ketika Trader bersedia menempatkan SL mereka disitu? Tentu tidak, SL disitu artinya penempatan SL seperti ini lah dalam kalimat indonesianya :
"Saya siap menawarkan barang saya dengan posisi SL disini, siapakah yang mau ambil?"

Untuk menguji pemahaman anda, tentang uraian saya di atas, maka saya akan bertanya kembali kepada anda seperti saya bertanya kepada member BraFo banyak yang gagal menjawab ini. Monggo dijawab dalam hati :

Gbr 7
Agar lebih jelas, supaya bisa menjawab pertanyaan saya pada Gbr 7, silakan perhatikan serangkaian ilustrasi berikut, ilustrasi di bawah sama seperti penjelasan-penjelasan saya di atas tapi hanya posisinya aja yang dibalik.

Gbr 8

Gbr 9

Gbr 10

Nah, mudah bukan? Sehingga harapan saya adalah anda bisa menjawab soal berikut dengan cara yang sudah saya gambarkan pula di atas.

Gbr 11
Okeh, itu konsep semoga sudah tertanam dalam benak anda, jawaban dari Gbr 11 adalah trader lain yang melakukan short sell dan mengambil uang yang ditawarkan trader lain pada waktu sebelumnya.

Sekarang kita akan membahas tentang SL hunter milik broker, ada loh SL hunter ini pada broker dengan tingkat likuidasi yang rendah biasanya. atau broker-broker baru yang kekurangan dana.



jadi jika posisi trading anda seperti itu, tidak ada spread melar, aktivitas market tidak terlalu volatile, harga juga masih jauh dari posisi SL anda, ballance penahan anda juga masih banyak, tapi tiba-tiba Posisi anda dilikuidasi oleh broker? Hmm itulah SL hunter, dan biasanya script ini aktif ketika posisi anda yang terbuka sangat banyak sehingga membingungkan trader mana sebenernya uang yang diambil broker atau diambil trader lain.

Saya rasa ulasan saya sudah sampai di ujung, pastinya anda akan berfikir, kenapa saya tidak jadi SL hunter saja? Jika semua orang tahu dengan gampang maka kita semua akan kaya, hal tersebut tidak begitu saja terjadi sodaraku. Anda harus menerapkan sistem MM yang tepat, berpindah dari Top Down analisa, melakukan serangkaian test dengan akun yang me-merah, mengisi kepala anda dengan banyak pattern, banyak pengamatan dll, ini menjadi sebuah kuliah panjang bagi perjalanan seorang nubitol.

Sebagai pembuka, mungkin anda tertarik menjadi SL hunter? silakan search di youtube dengan kata kunci "Navin Prithyani Hunting Your Stop Is My Best Interest".

Salam BraFo!

0 comments:

Posting Komentar